Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tahap untuk Bisa Lulus SBMPTN Tanpa Harus Bimbe

5 Tahap untuk Bisa Lulus SBMPTN Tanpa Harus Bimbel



Lulus SBMPTN  itu tidak harus bimbel.

Maksudnya ,tempat bimbel tidak bisa menjamin bahwa dengan bimbel anda bisa lulus SBMPTN dan masuk PTN yang anda inginkan.

Walaupun banyak usaha bimbel yang katanya sudah berkualitas,bahkan sudah meluluskan keperguruan tinggi terkenal, seperti UGM,UI dan kampus terkenal lainnya di Indonesia.

Namun kenyataanya, ada siswa yang tidak bimbel bisa lulus SBMPTN, itu semua tergantung pribadi masing-masing, bahkan ada yang mengikuti bimbel tidak bisa lulus sbmptn.

Gara-gara ini banyak yang menganggap  bimbel itu ngak penting. Penting tidaknya bimbel tergantung individu masing-masing.

Disini saya tidak terlalu banyak membahas system atau kurikulum dari suatu bimbel, saya hanya memberikan tahap bagaimana bisa lulus SBMPTN tanpa bimbel.

Ditahun kemarin jumlah peserta yang lulus di SBMPTN 2016 sebanyak 121.653
sedangkan pendaftar SBMPTN 2016 tercatat  1.455.656 siswa. Angka ini naik dari jumlah pendaftaraan tahun 2015, dapat diprekdisikan pendaftaran SBMPTN  201  akan naik dari tahun sebelumnya dan akan menyebabkan tingginya persaingan.

Untuk kalian yang ingin lulus SBMPTN 2017

Ada cara yang bisa kita lakukan untuk menjamin masuk ke PTN yang kalian inginkan.

Saya akan buka semua rahasianya.

Ada cara supaya kita pasti bisa lulus SBMPTN, tanpa harus bimbel ,ingat cara ini tidak mudah tapi bisa membuat anda lulus PTN.

Ingat masuk PTN itu tidak mudah,persaingan yang anda akan hadapi jauh lebih besar .

Sebelum saya memberikan tahap caranya.

Saya sedikit menyinggung mengenai apa yang sebenarnya kamu lakukan setelah membaca sedikit Tips dan Trik yang saya berikan.
SBMPTN 
Inilah tujuan akhir kalian setelah membaca  artikel ini, bagaimana caranya mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN.

Apakah itu SBMPTN?
SBMPTN adalah  Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru 2017, untuk lingkungan perguruan tinggi negeri dengan menggunakan tes tertulis secara serentak, lebih jelasnya seleksi tertulis yang diadakan serentak diseluruh Indonesia.

Diartikel ini saya tidak terlalu menjelaskan bagaimana alur pendaftaran dan persyaratan pendaftarannya, soalnya Pihak Panitia SBMPTN telah menjelaskan secara mendetail dan bisa anda lihat Website resmi SBMPTN 2017

Saya tidak bisa pastikan bahwa dengan tahap yang saya berikan anda bisa lulus PTN tanpa BIMBEL, tapi saya yakin jika kalian  lakukan tahap ini pasti kalian bisa lulus PTN yang kalian inginkan, amin.

Mari kita mulai


1.Cari tahu  jurusan apa yang memiliki prospek 
kedepannya
Sedikit pengantar untuk kalian mengenai pemilihan  jurusan, sebaiknya sebelum memilih jurusan harap kalian  mencari tahu, jurusan yang memilki peluang besar kedepanya, sehingga jika setelah selesai kalian bisa langsung kerja, sebaiknya hal ini kalian perhatikan.

Ini sangat bahaya,

Jika kalian memilih jurusan tanpa melihat prospek  kedepannya,sebab kalian bisa menjadi Sarjana pengangguran.

Kalau dalam jurusan yang hendak kalian pilih, setidaknya kalian lihat sekeliling kalian, apa ada jurusan tersebut yang menganggur, jika ia urungkan niat kalain memilih jurusan tersebut.

Meskipun kalian sangat mencintai jurusan tersebut.
simple, jangan jatuh dilobang yang sama....

Sebanyak 400 ribu pemuda Indonesia yang bertitel  sarjana menjadi pengangguran  data yang dikeluarkan BPS pada bulan Februari 2015 sumber Okezone.com

Maka dari itu, ini saran saya:

Pilihlah jurusan yang memiliki peluang perkerjaan yang besar dan kalian mempunyai keahlian dibidang tersebut. Sebaiknya kalian lebih sering mencari informasi agar kalian bisa mempertimbangkan hal-hal tersebut.

Maka dari itu jangan salah pilih jurusan.

2. Sesuai Program studi
Ambilah jurusan yang sesuai dengan program studi ,misalnya anda diprogram studi IPA maka pilih jurusan IPA seperti, Kedokteran,psikology,teknik dan lainya yang masih bagian dari IPA.Lebih lanjut baca mengenai Tips masuk PTN dengan mudah

Memang betul ketika kalian salah jalur memilih jurusan yang tidak sesuai dengan basic kalian ketika dibangku sekolah, anda akan mendapatkan kesulitan jika menghadapi SBMPTN, berdasarkan pengalaman saya, ketika mengikuti SBMPTN 2015, soal dibagi menjadi 3 bagian yaitu: saintek,soshum,dan IPC.

Sebelum, itu, mari kita bahas apa itu tes Saintek, soshum 
dan IPC  saya akan jelaskan supaya anda tidak salah langkah



Saintek(sains dan teknology) adalah soal-soal TKD yang berhubungan dengan saintek atau IPA.seperti bilogi,fisika,kimia.
Soshum(Sosial dan Humaniora) adalah soal-soal TKD yang berhubungan dengan ilmu sosial atau IPS seperti, ekonomi,geografi,sosiologi.
IPC adalah gabungan dari saintek dan soshum.
Disini kalian lebih jeli untuk memilih jurusan,sekali lagi pilih jurusan sesuai bidang kalian,utamakan kemampuan anda dibandingkan keinginan.Saran saya jika kalian mau lulus hindari tes campuran karena bisa menyulitkan kalian sebab kalian harus menguasai 2 bidang ,saintek dengan soshum.

Apakah anda bisa?
Simple,ambil jurusan yang sesuai bidang kalian, otomatis kalian dengan mudah mengerjakan SBMPTN 2016.

Sebelum itu ,mari kita bahas dulu faktor-faktor  yang menyebabkan tidak lulus SBMPTN dengan meneledorkan salah pilih jurusan.
memilih jurusan yang tidak sesuai dengan bidangnya. misalnya Si B waktu dibangku sekolah dia jurusan IPS tapi ketika mengikuti SBMPTN dia memilih jurusan IPA,seperti kedokteran, Teknik dan pendidikan biologi, otomatis Si B akan melakukan tes Saintek, dimana selama 2 tahun dia belajar IPS, yang akan menyebabkan dia harus belajar pelajaran IPA untuk menghadapi ujian SBMPTN.
memilih jurusan yang menyebabkan menjawab 2 bidang sekaligus,biar lebih mudah saya beri contoh, Si A waktu dibangku sekolah jurusan IPS, ketika dia mendaftar SBMPTN dia memilih jurusan Ilmu Biologi,Pendidikan Fisika dan terkahir Ekonomi, Otomatis Si A akan melakukan tes IPC, yang mengharuskan menjawab 2 bidang, saintek dan soshum. dengan studi kasus di atas cara si A adalah tindakan yang salah, sebab untuk menguasai soal SBMPTN itu sangat rumit apalagi harus menjawab 2 bidang sekaligus .
Ingat jangan terlalu serakah, mengambil jatah jurusan lain yang bukan bidangnya,misalnya siswa IPA mengikuti SBMPTN dengan mengambil jurusan IPS otomatis tindakan tersebut termasuk kedalam orang serakah.

Itu yang tidak bagus,sekarang mari kita bahas yang bagusnya yang membuat lulus SBMPTN.
Memilih sesuai jurusannya, jadi jika hal ini kalian lakukan ,bisa dijamin kalian bisa lulus,jika mengambil sesaui dengan bidangnya maka akan mempermudah untuk menjawab soal-soal sbmptn, sebab sudah memiliki dasar yang kuat,sehingga bisa menjawab soal sbmptn dengan mudah.
Tidak mengambil tes IPC,tes ini sangat susah, soalnya diharuskan untuk menjawab 2 bidang sekaligus, saintek dan soshum maka hindari hal ini jika maw lulus SBMPTN.
Jadi,kalau anda mau lulus SBMPTN pilih satu bidangnya yang menurut kalian kuasai dan dalami bidang tersebut.


3.Jangan terlalu fokus passing grade
Ini faktor yang penting ,sering diabaikan.

Banyak kejadian siswa yang ingin memilih jurusan yang terlalu focus dengan Passing grade,sebenarnya apa itu passing grade?
Passing grade adalah sebuah data yang berbentuk prensentase (misl:41%) atau nilai yang berisikan persaingan setiap jurusan .

Dari penjelasan diatas, kita sudah sepakat bahwa jangan terlalu focus passing grade, berbagai sumber yang saya dapatkan passing grade setiap bimbel itu berbeda dan banyak informasi passing grade yang belum pasti kebenarannya, sebab passing grade bukan pihak panitia sbmptn yang mengeluarkannya jadi kalian jangan terlalu memikirikan passing grade yang bisa menyebabkan kalian mengurungkan niat untuk memilih jurusan tersebut.

4.Belajar bersungguh-sungguh
Didalam artikel ini cuma ada tips-tips singkat, tanpa ada soal  SBMPTN yang saya berikan,tanpa contoh soal ,tanpa kunci jawaban SBMPTN

Kalau anda ingin ke suatu tempat tanpa adanya petunjuk ,apakah kalian bisa sampai ketujuan tersebut, pastinya tidak ia kan, sama halnya artikel ini bertujuan sebagai penuntun kalian ke tes SBMPTN tanpa bimbel.

Nah,pertanyaanya:
Secara logika,apakah mungkin tanpa belajar anda bisa lulus SBMPTN dan mengalahkan pesaing-pesaing anda yang mengikuti bimbel.

mustahil..
..kecuali kalian mendapatkan bocoran soal SBMPTN.

Belajar adalah tahap yang paling penting untuk bisa lulus, belajar soal-soal yang berkaitan dengan tes kalian, jika kalian akan tes saintek maka belajar soal-soal sbmptn mengenai saintek dan begitu juga dengan soshum dan IPC. 

Saran saya download soal-soal SBMPTN terbaru, anda bisa downloadnya di situs-situs penyedia soal-soal sbmptn secara gratis.
Tanpa bimbel anda sudah bisa belajar dengan mudah dengan cara ini.

Terus kak, kalau saya tidak mengerti dengan soalnya,bagaimana?
Jangan diambil pusing, om Google akan menjawab pertanyaan kalian,jika memang kalian tidak bisa mengerti dengan soal tersebut, coba kalian buka situs youtube.com ,kalian akan mendapatkan penjelasan mengenai cara-cara penyelesaian soal sbmptn dengan mudah.

Inilah mengapa saya bisa lulus SBMPTN 2015 tanpa bimbel, saya sering download video youtube mengenai cara menyelesaikan soal sbmptn , lebih bagusnya kalian baca cara download video youtube secara gratis.

Sekarang anda bisa belajar tanpa harus bimbel.

Kita ketahui bahwa Soal sbmptn memakai sistem minus (-) dalam penilainnya, seperti jika kalian benar menjawab satu soal maka kalian memperoleh posotif (+4) namun jika salah maka kalian mendapatkan minus dan jika kalian tidak menjawab soalnya maka kalian memperoleh Nol(0).
maka dari itu kalian harus belajar menjawab soal sbmptn .

Secara singkat,inilah 3 langkah yang anda lakukan untuk belajar soal SBMPTN

Download soal-soal sbmprn terbaru,saran saya download file berbentuk PDF agar mudah anda pahami.
Download video penyelesain soal sbmptn, cara inilah yang saya gunakan untuk belajar menjawab soal sbmptn, karena dengan melihat video kita lebih mudah mengerti dibanding berbentuk dokumen.
Ikuti Tryout, kita ketahui jika kalian mengikuti tryout kalian dapat mengukur kemampuan untuk menjawab soal sbmptn, apalagi sekarang banyak lembaga-lembaga yang mengadakan tryout tanpa membayar,sebaiknya jika ada hal seperti itu anda harus ikut, seperti yang saya lakukan setahun lalu. 
5.Persiapkan fisik dan mental sebelum ujian
Fisik dan mental adalah faktor yang terpenting, jangan  menyepelekan hal ini, jika fisik dan mental anda kurang maka akan berpengaruh untuk menjawab soal-soal SBMPTN, walaupun anda sudah belajar keras, sebab dengan fisik yang kurang baik anda tidak konsentrasi menjawab soal-soal dengan mudah sebab stamina anda menurun, dan membuat kepanikan dalam menjawab soal-soal ujian .

Ini sedikit saran mengenai cara mempersiapkan stamina fisik menjelang ujian
Berolahraga yang teratur.
Makan-makanan yang bergizi
Kurangi begadang menjelang ujian.
Ada yang tau, mengapa Pak Mario teguh tidak pernah salah ketika tampil di atas pagung dan mengucapkan kata-kata bijak hampir sempurna.
Mental, salah satu modal terbesar pak mario teguh adalah mental.
Kita ketahui bahwa dalam ruangan ujian kalian akan berjumpa dengan pesaing-pesaing yang tidak kalian kenal, itu menyebabkan kalian grogi,stress dan panik, ia kan.
.. Nah kali ini saya akan memberikan tips agar tidak panik menghadapi ujian.

1.Buat simulasi sederhana dengan Try out mandiri
Sebuah cara yang sangat ampuh untuk mengatasi gugup ketika menjawab soal ujian adalah melakukan tryout mandiri yang bisa anda lakukan dirumah atau mengikuti tryout yang diadakan oleh lembaga secara gratis, dengan terbiasa melakukan hal yang sering kalian lakukan,secara psikologis kalian akan lebih tenang nantinya jika kalian sudah terbiasa.
Oleh karena itu maksimalkan cara ini agar kalian tidak panik ketika menghadapi ujian yang sesungguhnya.

2.Pastikan datang cepat
Usahakan sebelum ujian berlangsung kalian harus check loc terlebih dahulu, kalau perlu kalian harus cek ruangan mana yang akan kalian tempati tes. Sebab jika kalian mengabaikan saran ini bisa jadi kalian akan terlambat masuk keruangan ujian yang bisa menyebabkan kalian akan ketinggalan waktu yang telah ditentukan.
Jika kalian terlambat, PASTI kalian panik,stres dan pasti tidak focus untuk menjawab soal-soal SBMPTN.

okay, saya harap hal konyol seperti itu jangan sampai terjadi terhadap kalian dan satu lagi persiapkan alat tulis menulis, Persiapkan pensil 2B,Penghapus,penggaris,papan pengalas dan yang terpenting kartu ujian SBMPTN.

Sekian artikel mengenai 5 Tahap untuk Bisa Lulus SBMPTN Tanpa Harus Bimbel

    Terakhir,kalau ada yang ingin ditanyakan mengenai artikel ini,atau kalau kalian ada yang belum paham, silahkan tulis di komentar.kita bisa diskusikan.

Posting Komentar untuk "5 Tahap untuk Bisa Lulus SBMPTN Tanpa Harus Bimbe"

Berlangganan via Email